Sunday 21 April 2013

KULIAH KEBIDANAN ITU GIMANA YAAA ?? (Part 1)

share tulisan yang sudah lama bersemayam di laptop saya :D
sebenernya ini buat novel tapi ngga jadi deh, buat cerita bersambung disini aja ;)) hhihi


(mulai, hap !)




Siang itu begitu panas. Aku diseret mamah yang lagi beringas bersemangat ngedaftarin aku ke sebuah Politeknik Kesehatan dikota Malang (Sebener.nya sih ngga diseret cuman dibikin gini aja biar mendramatisir kayak film Esmeralda ! :) ). Taukah kalian tentang Politeknik Kesehatan itu apa ?? yyo semacam bakso gitu wes, tapi enakan bakso, jauh. Aku nurut aja apa kata mamah meskipun hatiku tak sanggup menghadapinya, tak sanggup menolak, dan tak sanggup bernafas (hipertensi koyoe >__< eh, hiperbola ).
Wes mbo iku yakpo citrane pokoe panas, daftar, di kasih formulir, di isi, di kembaliin, di kasih latian soal, pulang, maem dulu di jalan, trus malemnya aku disuruh belajar karena jarak 1 hari setelah daftar itu test seleksi mahasiswa barunya di laksanain tapi aku gak mau belajar karena apa ?
karena aku gak suka sama jurusan yang di pilih sama mamah dan budheku yang bahenol itu, cuman buat nyenengin mereka aja aku sok-sokan belajar niat padahal yo cuman buka-buka soal, tak oret-oret, tak hapus, tak oret-oret maneh, tak hapus maneh, tak oret-oret maneh, tak hapus maneh trus akhir-akhir e tak buang wes, lha wes elek i koyok lemek e gorengan, hhiiks .. :(
Sebenernya, jurusan yang di pilih sama dua cewek cakep mantan miss uniperezz(mamah, budhe.red ) cukup populer di kalangan tante-tante dan para pencari menantu yang baik dan pintar .
Bidan .
Yah, jurusan yang aku ambil menurut wangsit budhe dan mamah adalah BIDAN. Padahal diliat dari segi manapun tampangku gak ada tampang-tampang bidannya. Udah cungkring, petakilan, gak bisa diem, aneh, tapi ada satu keiistimewaan yang membuatku dapet poin plus-plus yaitu aku cantik, manis, dan menggemaskan kayak boneka Barbie. Hahaha .. :D (harus percaya !!)



Awal yang ??


Hari senin, aku inget banget itu hari senin. Berangkat semangat 45 menuju tempat tes bareng sahabat SMA ku yang notabene masih sodara jauh sama aku. Dia gendut, dan aku  cungkring bayangin dong waktu naek motor berdua bagaimana kemesraan diantara kami berdua, sangat istimewa, bagai layang-layang nyangkut dipohon mahoni !! Istimewa tiada tara.

Setibanya di TKT (Tempat Kejadian Test), aku langsung duduk anteng di kursi yang telah disediakan, dibagiin deh tuh lembar jawabannya, soalnya, lotrenya, trus dibagi makan, pulangnya dikasih pesangon(yang terakhir-akhir banyak ngaconya!). Aku lupa sih ngerjain  test itu sebenernya berapa jam, yang jelas aku bebas mencontreng ria di situ, tapi bukan berarti aku sepenuhnya gak niat lho, aku niat kok. Niat bikin orang-orang yang ngedukung aku jadi bangga seandainya aku keterima di bidang ini. Sebelum waktunya kelar aku udah duduk nyantai bak bidadari di kursi tempatku bersemayam ( ?? ), sambil tengok sana tengok sini. Asli dah semuanya pada getol banget yak ngerjainnya, ngunu ku sakjane iso ta gak se rek ?? ojok macak nggarap talah, hehehe ^^v

Keluar ruangan test, aku cuman cengar cengir ke sahabatku si ciput, trus kita berdua langsung menuju parkiran motor dan melenggang pulang kerumah.

Beberapa hari setelah acara test markotest iwak kotest itu diadain, munculah pengumuman yang pastinya tentang hasil test tersebut, siapa yang cintanya diterima dan siapa yang cintanya ditolak oleh si kampus ini. Aku gag tau sebelumnya kalo aku keterima, tapi setelah si ciput sms dan ngomong kalo aku keterima sedangkan dia gak, lho ya ?? koyo e niatan arek e kok seng keterimo aku ?? yyo udah aku bersyukur sangat, karena apa yang diidam-idamin keluarga besarku tercapai, terutama budheku yang sejak masa mudanya pengen banget jadi bidan. Love you full all. :*

Waktu itu aku langsung browsing web tentang pengumuman itu dan ternyata bener namaku ada di urutan 41 dari 100 lebih orang-orang terpilih, woo ternyata aku pinter yya ( pinter apa cuman kebetulan ?? ), gimana gak yang daftar bejibun bo’. Aku langsung tiplun mamah dan bapakku, dan yang tak ketinggalan budheku. Setelah itu diadain daftar ulang, dan setelah daftar ulang ada test kesehatan dan test psikologi, mungkin test yang terakhir digunakan untuk mendeteksi makhluk-makhluk sarap kayak aku, dalam hati berkata “kalo aku kenak razia orang sarap gimana ?? tidakkk !! “, trus ada acara GeJes mboh lah opo iku jeneng e, kalo gag salah see pra pps (pra ospek), ada pembagian nama suci dan juga kelompok yang dibagi-bagi menjadi beberapa pleton. Aku  nyangkut dipleton 4 dan kebagian nama suci “neonatus”, nama suci itu adalah nama yang harus aku dan para peserta ospek lainnya gunakan selama ospek berlangsung, nama-nama itu berasal dari bahasa-bahasa ilmu kesehatan yang bakalan aku dan mereka semua tempuh selama 3 tahun kedepan. Namanya sih lucu-lucu, aneh dan menggemaskan. :D

Ospek kampusku diadain selama 4 hari 3 malam, gak boleh pulang, gak boleh bawa hape, perlengkapan harus ditentuin, gak boleh mandi, gak boleh bernafas, gak boleh hidup, gak boleh teriak-teriak, gak boleh gerak (nglantur wes !!). Kesiksa banget, rasanya aku bener-bener tersiksa. Jam 3 pagi disuruh bangun trus senam-senam gak jelas didepan Rumah sakit, trus disuruh gini disuruh gitu, disuruh mandi tapi gak boleh lebih dari itungannya para senior, dan mereka sukses ngebuat aku gak mandi selama 4 hari penuh, bayangkan betapa cantik dan menggodanya penampilanku !! Tapi dari ospek itu aku dapetin temen-temen yang solid dan sehati. Ada Ema, Saroh, dan Vita, kira-kira itulah temen-temen gilaku waktu ospek, eitsss ada lagi kejadian yang super duper seru waktu ospek, yaitu waktu diadain acara “JERITAN ANAK TIRI”  bukan ding yang aku maksud “Jerit malem” yang ngelewatin sekitar rumah sakit yang terkenal serem. Pletonku itu tempatnya orang-orang gila, edan, gak keruan wes poko’e, kita mulai melakukan perjalanan malam itu dimulai dari pleton 1, otomatis pletonku harus baris nunggu giliran buat dikasih klue yang gak boleh bocor mulai dari garis start sampe finish, istilahnya saat itu kita lagi mengemban tugas yang kurang kerjaan gitu lah.dan kalian tau apa yang terjadi selanjutnya, sementara pleton-pleton lain sibuk dengan khayalan mereka masing-masing tentang acara ini, aku dan temen pletonku yang namanya Iik, Ervin, Dicky, trus yang lainnya lupa aku namanya malah guyon cekikian kayak orang gak punya dosa. Ketawa ketiwi layaknya orang yang siap menempuh hidup baru.
Kita nggegodain cowok paling diem dipleton kita, dan anehnya dia sama sekali gak senyum waktu kita ngegodain dia,
“chong, barisan kita pindah kesini, kamu jangan duduk di situ trus tar kesambet lho !! “ Ervin berteriak ke cowok diem itu dan cowok itu hanya melengos tanpa ekspresi, kita mlongo, udah tau barisan kita geser eh dia malah masih duduk dengan santainya dan kira-kira sambil ngitung utang.
“eh rek, ayok taichong kita bacain surat yasin bareng-bareng biar dia bisa ngomong” dicky bicara dengan entengnya sambil membuka buku yasin dan kita semua yang ngeliat langsung ketawa ngakak sejadi-jadinya. Kok bisa-bisanya temen sendiri mau diyasini, ckck.
Yang gak kalah gila lagi tuh si Ervin, masak iya katanya kalau ada setan-setan yang ganggu kita di suruh njepreti mereka pake karet gelang, ckck dan anehnya lagi Ervin yang sok-sokan waktu itu ternyata jatuh sakit di tengah perjalanan, katanya se kena sesak nafas, owalah le, kok iso se ?? :D

Tiba saatnya aku maju buat dibisikkin klue GJ sama mbak tingkatku, dengan penuh keberanian aku maju dan mendengarkan dengan hikmat klue tersebut, lha saking emosinya aku ngapalin dan saking hapalnya baru ngelewatin satu orang Pembina aku udah lempeng-lempeng aja ngebocorin kluenya, gak ada maksud sii sebenernya tapi gak tau kenapa aku enak aja ngomongnya. Dasar oon. Kena contreng semua deh nih muka cantikku. Setelah jalan kurang lebih 20-30menit kali aku nyampe di garis finish, gak mau cerita deh apa aja yang ku alami malem itu. Poko e “MAK NYUS” .

Ospek diakhiri dengan acara pembagian hadiah lomba-lomba semasa ospek. Rasanya lega banget aku bisa pulang lagi kerumah. Pulang keduniaku lagi, dan bebas bergulung-gulung ria lagi, dan yang jelas aku gak mau ospek lagi, :(

Setelah ada acara ospek masih ada acara ESQ, tapi aku males-malesan mau ikut acara gag jelas yang ngabis-ngabisin waktu itu, dan kemudian aku, Ema, Vita, dan Saroh sukkses kabur dari acara itu dengan mulusnya, anak nakal, ckckck.



Kulia semester 1 …

Kulia semester1 di kampusku ini terasa begitu gak jelas, kulia tapi kayak sekolah dan lagi, senioritas. Tapi ditempat baru ini aku bisa ngedapetin banyak temen-temen solid yang sehati, selain temen ospekku yang dulu, aku juga dapet temen-temen gila dengan banyak karakter.

·         Tentang mata kuliah ..
Mata kuliah semester satu, emm .. yang paling bikin aku sama anak-anak bii-bhe ( sebutan untuk kelas baruku, singkatan dari bidan bhe, bidan kelas B maksudnya :) ) jadi gila mendadak adalah matkul ANATOMI, walah wes makanan apa itu ?? sejenis bacem pake sambel terasi cabenya banyak (-.-“), jiahh, matkul ini tuh bener-bener nyeremin, bukan karena dosennya(meskipun dosennya juga gahar sii) tapi dosen disini bukan jadi factor utama keparnoan seluruh kelas, yang notabene isinya cewek semua(ya iyalah mana ada bidan cowok, ckck) dan jumlah mereka 57(bayangin gimana ramenya dan usel-uselannya mirip pasar tumpah) itu adalah tiap minggu selalu ada test matkul ANATOMI, jadi gini tiap  minggu dosenku itu ngajar, lah sebelum ngajar itu  diadain test, materi testnya itu diambil dari materi yang udah diterangin dosenku minggu lalu, wohhh jan mantep, iya kalo soalnya cuman satu, udah banyak, bikin puyeng lagi, sebenernya sii gak susah tapi terlalu banyak materi yang bikin kita mabuk kepayang. Emm kira-kira begini contoh soalnya
1.      Sebut, jelaskan dan gambarkan system pencernaan pada manusia ?
2.      Sebutkan dan jelaskan serta gambarkan system reproduksi pada manusia ?
3.      Sebutkan fungsi dari mengerjakan test ini ?
Jawabannya GILA !! menggilakan mahasiswa secara permanent . pertanyaan yang nomer 3 itu gak ada, jadi jangan dicari jawabannya, menyebabkan otak anda bergeser ke otak presiden. :)

Matkul kedua yang bikin kita bukan hanya mabuk minuman melainkan juga bisa mabuk janda adalah matkul KDPK. What is that ? yah, semcam tahu telor pake nasi anget-anget enak gitu wes. Matkul ini berisi tentang cara-cara dan teori-teori praktek klinik dasar, namanya aja KDPK ( Keterampilan Dasar Praktek Klinik ) yuhoo, isinya tentang cara-cara praktek dan kawan-kawannya, sangat ribet dan bikin kita diare mendadak. Yang bikin matkul ini akan selalu terkenang dalam hati para penikmatnya adalah matkul ini menyimpan banyak cara melakukan perasat praktek yang banyak buat orang jadi nangis, apakah itu ?? ada perasat tentang suntik menyuntik yang bikin kita muntah-muntah, perasat mandiin bayi yang bikin kita pengen cepet-cepet ngebanting bayi, sampe perasat infuse menginfus yang bikin tangan korbannya bengkak semua, keren kan ?? sapa yang mau jadi korban selanjutnya ?? ayok angkat kaki !!! eemmm .. ada lagi yang bikin matkul ini selalu aku inget, kenapa ? inget Vita ?(kagak ya ? aku juga gak inget Vita itu sapa, hahaha damai vit .. ) Vita itu nama kerennya Atip, dan aku sering manggil dia juntip, apa hubungannya aku juga gak ngerti yang jelas lebih keren aja gitu ( keren mbahmu aaa ?? )  dia yang temen ospekku yang keluarannya pondok, trus alim, rajin kulia, rajin manyun, dan rajin membaca al-qur’an sedikit terkontaminasi sama kelakuan-kelakuanku yang super nggemesin ini, hasilnya si pendiam ini berubah menjadi wanita penghibur, hahaha gak-gak wanita ini berubah menjadi wanita yang doyan becanda. Kenapa tiba-tiba aku ngehubungin Atip dan matkul KDPK ?? karena Atip ini adalah seorang PJMK, apa itu ? PJMK adalah singkatan dari Penanggung Jawab Mata Kuliah, ya setiap matkul disini diberi 2 sampai 3 orang sebagai PJMK, tugasnya antara lain ngehubungin dosennya, nyiapin ruangan, nyiapin minumnya, nyiapin alat-alat yang mungkin digunakan dalam pembelajaran. Dan ribetnya lagi matkul yang paling sering nyiapin alat itu yo matkulnya Atip ini, KDPK. Atip sering manyun-manyun sarap kalau lagi stress mikirin dosen yang dihubungi mbulet trus, alat-alat lab yang bejibun yang harus dipinjem satu persatu dan sebagainya dan sebagainya, sampai pada suatu siang yang panas terjadilah suatu drama realita dikelasku, begini citranya(saya biasa ngomong citranya daripada ceritanya, :) ) ini ceritanya agak hewahh dan yang pasti GJ sangat, waktu itu kelas lagi panas-panasnya, ati juga agak-agak panas, waktunya matkul ISBD, karena kepala sudah pusing darurat dan mau pecah ngelongkopi, aku sama temen-temenku yang pintar dan imut ( boong besar !! ) menyusun rencana buat kepantai sambil nyambi luru iwak, bentar-bentar luru iku boso indonesiane opo se rek ?? saat itu aku dan Ema, (inget Ema ?? ya temen ospekku juga yang kemudian berubah menjadi soulmateku bersama Atip yang biasa akku panggil Emma Mammed dan akhirnya di panggil Chemed ^^ ) yang buta pengetahuan tentang tempat pantai mencoba mencari informasi tentang keberadaan pantai yang bisa dkunjungi didaerah Malang selatan yang notabene temen-temenku kebanyakan dari sana, bertanyalah aku dan Chemed kepada Atip, kira-kira begini dialognya :


Echa : tip, pantai seng apik  ndk ndi ??
seng kenek gae bengok-bengok, ngguwak sumpek .

saat itu Atip yang lagi dibengok i ma anak-anak buat nyari tau jadwalnya mata kuliah KDPK  menjawab dengan ketidak sadarannya

Atip : Ndek iku cha balekambang, Ngliyeb, Mbek KDPK

sejenak saya berpikir keras memutar otak

Kok KDPK dibawa-bawa see ??

dan tak  lama kemudian akhirnya Atip pun sadar,

Atip : Yahhh..keliru cha..aku pe ngomong Kondang Merak keliru KDPK

dan aku beserta Chemed pun tak kuasa menahan tawa .


Sangking hebohhnya jadi PJMK sampe-sampe kebawa pembicaraan yang ngelantur entah kemana, aku kasian juga sii sama Atip, gara-gara matkul yang bikin rambut kita rontok itu dia jadi kena serangan jantung mendadak (gak-gak, hehe )


Matkul ketiga yang wajib anda ketahui adalah FISIOLOGI. Ada apa dengan Fisiologi ??? karena dosennya. Dosen lagi ! hahaha kenapa dengan dosen Fisiologi, tring (kayak di pelm-pelm kalo lagi dapet ide) dosen fisiologi ini sangatlah istimewa kalo ngajar gag pernah bawa buku, handout, atau catetan.catetan lainnya a.k.a contekan gitu lah, tapi beuh pinternya subhanallah :) istimewa sangat sangat ! saya termasuk fans terberatnya yang sampai saat ini berharap dapat sebagian otak beliau :D Kalo ngebahas si doi (Loh ??) bakalan gag abis-abis yang ada malah bekhayal yang tidak-tidak ;)

·  Tentang labskill yang pertama kali …

Labskill ! dalam hidup saya yang suram ini semakin suram saat mendengar kata-kata labskill, jujur saja saya kurang begitu paham dengan prosedur labskill itu sendiri tapi dari informasi yang saya himpun dari beberapa narasumber saya dapatkan bahwa sesungguhnya labskill ini mempunyai artian latihan ujian praktek tahap . ngerti gag kalian ?? kalo gag gpp kok, tenang aja gag bakal aku marahin :D

Labskill yang paling menegangkan buatku antara lain :
a.       Infus menginfus
b.      Suntik menyuntik
c.       Tidur meniduri (Loh ?? emang adaa ?? )
d.      Dan juga omelan dosen yang bakal diterima dengan senang hati dan juga lapang dada :D
Dan dari kegiatan yang menghebohkan ini tanganku berhasil bengkak dengan sempurnanya karena kesalahan infuse menginfus :D

·  Tentang praktek pertama kali dirumah sakit ..
Tidak ada kata lain yang lebih berarti daripada NELONGSO yang berkepanjangan karena praktek ini . kenapa ? sekali lagi saya tidak menyukai bidang ini, dan saya terpaksa menjalani ini semua apalagi kalo lagi praktek gini, disaat gadis-gadis seumuran saya berempong-rempong ria mejeng di Mall saya malah sibuk nyari perhatian para hantu di rumah sakit :( praktek pertama semester 1 ini aku dapat jatah 2 putaran 2minggu di Rumah Sakit Kampus dan 1minggu di cabangnya Rumah Sakit Kampus (apa ya ?) . Dan dipraktek pertama inilah saya melihat bagaimana proses persalinan yang sebenar.nya. Its real dan sangat menegangkan. yah.. dari sini saya mulai paham kenapa ibu disebut 3x oleh Rasulullah untuk dihormati, karena perjuangannya yang luarbiasa, dan sejak saat itu saya bercita-cita melahirkan secara normal saat saya hamil nanti :D


(Bersambung dulu yaaa :)) wait seri selanjutnya...)

11 comments:

  1. ... tetap semangat ...

    ReplyDelete
  2. mba pas acara ospek jerit malam tu di takut takutin hantu ngga ?? hehe

    ReplyDelete
  3. mba boleh ga bidan mata minus saya minusnya udah 5 TT

    ReplyDelete
  4. Maksud nyari perhatian para hantu tu ngapain mba kegiatannya?

    ReplyDelete
  5. Maksud nyari perhatian para hantu tu ngapain mba kegiatannya?

    ReplyDelete
  6. Mbak
    Sekarang gimna?
    Masih blm suka dibidang ini?
    Atau kebalikannya?
    Alasannya?

    ReplyDelete
  7. Mbak
    Sekarang gimna?
    Masih blm suka dibidang ini?
    Atau kebalikannya?
    Alasannya?

    ReplyDelete